Senin, 15 April 2013

(Diary Day 1) Awal Pertama Kali Menentukan "Oshimen" [#NgeBlogSukaSuka]


Awal gue jadi "wota" JKT48 itu adalah semenjak gue nonton JKT48 di acara Pas Mantab pada tanggal 25 Juni 2012. Sebenernya gue itu bukan "wota" sih, gue cuma hanya fans butiran debu #ehh maksudnya gue cuma fans biasa yang emang gak terkenal di mata para member JKT48. Sebelum gue ceritain tentang gimana crita gue bisa jadi fans JKT48. Gue mau jelasin dulu beberapa hal. Simak ya! Hahaha.

1. Arti "wota" itu sebenernya apa sih?
Wota itu asal katanya dari Otaku(オタク) dulu itu konotasinya negatif, sering di gambarkan sebagai orang anti-sosial yang ga pernah keluar rumah, tapi seiring waktu konotasi nya berubah dan Otaku ditulis sebagai wotaku(ヲタク)(dibaca “Ootaku”) untuk membedakan dari konotasi Otaku yang dulu. Wotaku(ヲタク)juga bisa disebut wota(ヲタ)(dibaca “Oota). Wota itu adalah orang-orang yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti perkembangan idol-idol mereka. Antusiasme dan obsesi yang mereka punya lebih tinggi dari fans.

2. "JKT48" apa sih itu?
JKT48 adalah grup idola asal Indonesia yang diproduseri oleh Yasushi Akimoto. Grup ini adalah grup saudari AKB48 pertama yang berada di luar Jepang, dan pusatnya berada di Jakarta. Konsep idol group JKT48 itu adalah "idol yang bisa dapat anda jumpai di setiap harinya" yaitu dengan menonton mereka di Theater yang letaknya di lantai 4 mall fX Lifestyle X'nter Jakarta Selatan.

3. Arti "Oshimen" dan "Oshihen" apa?

  • Oshimen= member yang kita dukung. Kata "oshimen" juga gabungan dari 2 kata yaitu "oshi" dan "men". "Oshi" artinya: didukung & "Men" adalah singkatan dari "menba". Menba artinya member (dalam bahasa inggris) atau anggota (dalam bahasa indonesia).
  • Oshihen= suatu situasi dan kondisi dimana seseorang ganti oshimen.

Jadi, inilah kisah gue gimana bisa jadi Fans JKT48.

Well, dulu gue sama sekali gatau tentang JKT48 atau AKB48, HKT48, SKE48, NMB48(SNH48 belom termasuk karena baru resmi terbentuk tanggal 21 April 2012). Pas gue kelas 1 SMP, gue ga sengaja liat iklan Pocari Sweat yang ada JKT48. Pas gue liat iklan itu berturut" mulai lah gue mencari tau kalo "mereka itu siapa sih?" dan "backsound iklan itu apa judul lagunya?". Karna tipe orang kaya gue itu gampang penasaran, jadinya gue buru" search di google tentang bintang iklan pocari sweat itu. Eh pas akhirnya gue tau, ternyata Koko gue udah tau duluan tentang siapa mereka itu dan apa backsound iklan tersebut. Gue tanya lah ke Koko gue "Ko, itu siapa sih yang jadi bintang iklan Pocari Sweat?" terus dia jawab "Itu JKT48, adenya AKB48. Itu kan yang nyanyiin lagu backsound iklan Pocari Sweat si AKB48 judulnya Heavy Rotation". Nah abis gue tau itu judul lagunya, gue langsung download lagunya. Pas gue dengerin lagunya enak.
Pada suatu hari, gue ga sengaja nonton acara Pas Mantab dan tepat pula kalo guest starnya itu JKT48. Otomatis gue langsung nonton karena ga ada program acara yang menarik lagi untuk gue tonton. Pas gue lagi nonton, tiba" lah gue terpincut sama salah satu member JKT48 yang namanya "Stella Cornelia Winarto". Beuhhh gila, tatapan matanya begitu kalem dan lemah lembut, duhh manisnyaa! :3
Abis gue kepincut sama salah satu member JKT48 yg namanya Stella. Gue langsung buka twitter buat follow akun @officialJKT48 dan @stellaJKT48. Pas gue kepincut sama Stella, dia belom gue jadiin "oshi" atau idola gue. Karna saat itu posisi gue masih setia jadi fans satu girlband yang nyanyiin lagu "Dilema" dengan formasi 9 orang (tau dongg siapaaa? :p)
Pas abis kenaikan kelas, kan libur tuh. Jadi gue sama keluarga gue pergi jalan" ke Puncak. Ternyata pas gue lagi di villa, gue nyetel TV terus ga sengaja gue mencet channel Global TV dan pas acara di Global TV itu adalah program musik. "Yaudah deh, daripada gue bosen ga ada tontonan laen mending gue nonton Global TV" pikir gue. Eh ternyata oh ternyata pas abis iklan yang tampil di acara program musik itu adalah JKT48. Yaudah gue nontonin terus sampe performnya JKT48 abis. Ternyata lagunya JKT48 enak" loh! Waktu gue nonton acara musik itu, JKT48 bawain lagunya AKB48 yang di cover ke bahasa Indonesia. Judul lagunya itu "Kimi no Koto ga Suki Dakara" sama "Aitakatta", karna pas di Puncak gue ga pake paket internet yg full service jadinya gue harus nunggu buat download lagunya pas abis gue balik dari Puncak. Pas nonton JKT48 perform di Global TV tadi, mata gue mencari" Stella dan ternyata ada Stella loh! Makin terpincut gue sama dia. Pas abis gue balik dari Puncak, segeralah gue download semua lagunya AKB48 yang udah di cover ke bahasa Indonesia oleh JKT48. Lagu yang udah gue download tadi, gue dengerin terus menerus. Sejak itu lah gue memutuskan untuk jadi FansJKT48.
Gue jadi mulai follow aku twitter para member JKT48 dan fanbase"nya untuk bisa mengetahui jadwal" perform atau info seputar JKT48. Saat gue mulai jadi FansJKT48 pengetahuan gue masih ecek" alias masih kecil banget, maklum lah ya karna gue masih newbie(new member, sebenernya itu kata" yang ada di forum www.kaskus.co.id wkwk). Gue juga masih belom kenal wajah member"nya, umurnya berapa, dan blablabla. Jadi gue berusaha mulai bisa tau info tentang idol group JKT48.
Sewaktu", karna gue iseng pas lagi di rumah dan gue ga ngapa"in. Jadi mulailah gue iseng coba" buat nonton program acara JKT48 yang namanya itu "JKT48 School" abis gue nonton semua episode JKT48 School, gue bisa tau siapa" nama member JKT48 semuanya. Dan gue juga mulai download foto" member JKT48 favorit gue. Tapi pas gue mulai download foto" member JKT48 itu, gue langsung terpesona oleh salah satu foto member JKT48 yang bernama "Shania Junianatha" duh sumpah dia lebih cantik daripada Stella (menurut gue loh ya). Dan inilah foto dimana awalnya gue terpesona oleh Shania Junianatha (ShanJu):


Pas gue liat foto itu, gue pikir dia udah umur 16 tahun karna ya secara ga langsung badan dia tinggi banget setara sama anak SMA. Eh pas gue check di official website JKT48 ternyata umur dia baru 14 tahun(umur dia 15 tahun pas nanti dia ultah tanggal 27 Juni).
Setelah gue terpesona sama Shanju, lanjutnya gue terpesona sama member yang namanya "Melody" dan "Cindy Gulla". Lihatnya betapa imutnya mereka berdua di dalam foto ini :')


Jadinya, darisitu gue demenin member JKT48 ada 4 yaitu Stella, Shanju, Cindy Gulla, dan Melody.

 Tapi akhirnya lama" gue memutuskan untuk memilih "oshi" yang tepat bagi gue yaituuuu *jeng jeng jeng jeng* Shania Junianatha! Alesan gue milih dia buat jadi "oshimen" gue adalah dia itu member yang dewasa banget walaupun umurnya baru mau 15tahun dan semangatnya dia juga pantang menyerah banget! I like her!
Ternyata sebelum Shanju jadi member JKT48 dia itu dulunya jadi artis cilik loh! Dia sering muncul di sinetron laga, FTV, dan jadi model Video Klip. Pokonya bangga deh bisa punya oshimen kaya Shanju! :)

Sebenernya, crita part 1 nya udah selesai sampai disini aja. Ya suka-suka gue dong mau ceritanya sampe mana hahaha, mau tau ga cerita gue lainnya yang masih bersangkutan dengan JKT48 ? Sms ke nomor IM3 gue aja! Gue bakal ceritain nanti. Soalnya nih ya kalo lu pake paket IM3 Suka-Suka lu hanya butuh pulsa Rp 250 loh! Pulsa Rp 250 itu bisa skaligus untuk nelpon/SMS/internetan loh! Murah banget kan? Nah makanya buruan aktifin paket IM3 Suka-Suka nya! Bagi yang belum daftar atau yang masih pake provider lain nih, cepetan dah ganti provider ke IM3 dan abis itu jangan lupa juga buat aktifin paket IM3 Suka-Sukanya! Dijamin muraaaahhhh daaannnn bisa bikin kita deket sama member JKT48 loh. Mau kan? ;;)



Nama: Canesha Tesalonika.
No. Hp: 085777486988.
Alamat: JL. Sukahati 2 no 16A. RT 02/RW 14. Kelurahan Sukasari, Tangerang.
Twitter: @CaneshJu.
Facebook: Canesha Tesalonika.
Email: tesalonikacanesha@gmail.com.

©Copyright 2013.

4 komentar:

  1. di SNH48 kamu oshinya siapa?
    kalo aku suka sama Savoki. <3 kepincut at the first sight.. hehe :D
    sebenarnya aku bukan salah satu fans 48family.. cuma ngoshimenin Savo aja. ;) kalo kayak gitu istilah Jepangnya apa ya? Savoki no fan? haha
    but I think I pretty love J-Pop and some other Japanese stuffs.

    ngomong-ngomong, salam kenal ya!

    BalasHapus
  2. Hayyy! Kita sama" oshiin shanju lhoo ><"
    aku juga suka banget sama shanju, dia dewasa, ceria, dan lucu tentunya. Tp yang buat aku suka sm dia itu senyumnya, manisss yaaaa hehehehe (o^^)o

    BalasHapus
  3. Wah sama doong, aku juga pas awal suka JKT48, aku terpesona sama Stella abis itu Shanju hahaha ^_^

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus